1. Memberikan perubahan
kecepatan dan perubahan torsi
dari mesin ke roda belakang
secara otomatis
2. Perbandingan rasio gigi yang
sangat tepat tanpa harus
memindahan gigi
3. Tidak akan terjadi hentakan saat
perpindahan didi
4. Perpindahan kecepatan yang
sangat lembut
KERUGIAN CVT
1. Untuk start pertama dibutuhkan
putaran yang tinggi
2. Pembukaan gas cenderung
besar, karena dibutuhkan
putaran tinggi untuk bisa
berjalan dan berpidah rasio
3. Penggunaan bensin lebih boros
4. Karena lebih banyak bekerja
pada putaran tinggi
dimungkinkan mesin lebih cepat
rusak jika tidak mendapatkan
perawatan yang lebih
5. Pada saat jalan menurun, engine
brake yang terjadi sangat kecil,
sehingga cenderung mengerem
dan rem akan terbakar
6. Karena kecilnya engine breke ini
akan menimbulkan motor sulit
dikendalikan saat jalan menurun.
untuk itu tidak disarankan
menggunakan motor matic di
kondisi jalan menanjak dan
menurun bagi yang belum
berpengalaman.
CARA KERJA DARI CVT
SAAT PUTARAN LANGSAM
Saat putaran langsam kopling
sentrifugal pada pulley sekunder
belum berhubungan, sehingga
putaran dari pulley primer
belum dapat diteruskan ke roda
belakang.
SAAT PUTARAN MULAI JALAN
Saat mulai berjalan kompling
sentrifugal pada pulley sekunder
mulai terhubung dan memutar
roda belakang
SAAT PUTARAN MENENGAH
saat putaran menengah besar
pulley sekunder dan primer
relatif sama, sehingga membuat
perbandingan gigi yang sesuai
SAAT PUTARAN TINGGI
Saat putaran tinggi, pulley
primer membesar, karena
putaran mesin meninggi, oleh
karena pulley primer membesar
belt lebih banyak tertari ke
depan, sehingga pulley sekunder
mengecil. perbandingan putaran
akan berubah lagi.
SAAT RODA BEBAN BERAT /
MENANJAK
Pada saat menanjak, atau beban
berat, roda belakang agak
tertahan, oleh karena beban
sehingga pulley sekunder
membesar dan pulley primer
mengecil.
Sedikit, semoga bisa memberi
informasi.
Sumber : YAMAHA
POSTING BERKAITAN
1 komentar: untuk untungruginya cvt (motor matic)
priit
BALAS
27 Juli 2011 pukul 01.51
Posting Komentar