Komparasi Yamaha New
Jupiter MX Manual Clutch vs
Automatic Clutch
Jakarta - Sebelumnya, redaksi
sudah menjajal Jupiter MX
Manual Clutch dalam sesi test
ride. Hasilnya, dua jempol untuk
bebek sport Yamaha ini!
Tapi bagaimana dengan sang
adik? New Jupiter MX masih
punya satu varian lagi, yaitu versi
tanpa kopling manual.
Penasaran seperti apa bedanya?
Yuk gas pol!
Desain
Secara desain tak ada yang
berbeda. Keduanya sama-sama
pakai baju baru. Lampu sein,
cover body depan, spatbor
hingga sayap semuanya baru.
Keduanya juga sudah dilengkapi
dengan spatbor kolong di roda
belakang.
Bedanya hanya pelek belakang.
Pada New Jupiter MX manual
clutch sudah dimenggunakan
pelek dengan lebar 2.5 inci
dikawal ban 100/80, sedang versi
automatic clutch hanya pakai
pelek 1.60 inci dan ban 80/90.
Selain itu pemilihan striping dan
warna kaki-kaki juga jadi
pembeda. Pada New Jupiter MX
manual clutch, swing arm,
tabung sokbraker depan
beberapa part kecil seperti foot
step dilabur warna hitam, sedang
New Jupiter MX automatic clutch
pakai warna silver.
Fitur dan Teknologi
Semua fiturnya hampi tak ada
bedanya. Panel speedometer
hingga fungsi semua tombol di
stang sama saja. Begitu juga
dengan kapasitas boks bagasi di
bawah jok sama sempitnya.
Perbedaan paling mencolok
diantara keduanya ada pada
transmisi. Meski menggunakan
mesin dengan platform yang
sama, tapi konstruksi mekanisme
gigi transmisi dan bentuk
crankcase-nya berbeda.
Pada New Jupiter MX tanpa
kopling manual, transmisinya
tidak ada yang berbeda bila
dibandingkan dengan Jupiter MX
versi terdahulu. Masih 4
percepatan dengan sistem rotari
(N-1-2-3-4-N).
Sedang pada New Jupiter MX
manual clutch, sudah
mengadopsi transmisi 5
kecepatan. Transmisi ini serupa
dengan yang dipakai Yamaha
Vixion. Perpindahan gigi pun jadi
seperti motor sport, satu ke
bawah, dua seterusnya ke atas.
Perubahan transmisi
mengharuskan penambahan
penguat pada sasis, khususnya di
area engine mounting. Penguat
ini diperlukan untuk
menghilangkan getaran.
Perbedaan lainnya ada pada
aplikasi disk brake belakang
khusus untuk New Jupiter MX
versi manual clutch. Buat yang
automatic clutch tetap pakai
teromol.
Beda transmisi, beda juga di
bak koplingnya (kiri punya
New Jupiter MX manual
clutch)
Performa
Di atas kertas, Yamaha
menunjukan adanya perbedaan
power dan torsi kedua sepeda
motor ini. New Jupiter MX
Manual Clutch powernya 12,34
dk sedang versi non kopling
manual hanya 12,14 dk di
putaran mesin yang sama,
8500rpm.
Padahal mesin yang dipakai tetap
sama. Sama-sama 4 tak SOHC, 4
Valve, beradiator. Kapasitas
mesinnya tetap 134,4cc dengan
piston 54mm dan langkah
58,5mm.
Lalu apa bedanya? Yang pasti
penggunaan karburator vakum
pada New Jupiter MX Manual
Clutch ada pengaruhnya. Varian
ini sudah pakai Mikuni BS25 yang
dilengkapi TPS (throttle position
sensor).
Keunggulan New Jupiter MX
Manual Clutch tidak hanya
diatas kertas, dipakai dijalanan
pun terasa lebih responsif. Lima
giginya yang berkarakter
"pendek-pendek" membuatnya
lebih agresif tapi tetap halus.
Cuma sayangnya, gigi 5-nya
terasa terlalu panjang. Bahkan
untuk mencapai top speed 120
km/jam butuh lintasan lurus
yang sangat panjang. Makanya
gigi 5-nya hampir tak pernah di
pakai, lebih asik pakai gigi 4.
Sedang New Jupiter MX
automatic clutch, sama persis
seperti versi sebelumnya.
Perpindahan giginya terasa lebih
panjang, dan sayangnya masih
sering susah masuk gigi ketika
putaran mesin terlalu tinggi atau
terlalu rendah.
Tapi, untuk mencapai kecepatan
120 km/jam, rasanya lebih cepat
versi automatic clutch ketimbang
yang manual clutch. Sepertinya
karena gigi 5 pada New Jupiter
MX manual clutch terlalu
panjang. Tapi diputaran bawah,
lebih asik bawa manual clutch.
Handling
Sama saja, keduanya sama
lincahnya. Tapi untuk menikung
rebah, pelek kecil dengan ban
berprofil mendonat pada New
Jupiter MX automatic clutch lebih
nyaman. Tidak terasa gejala ban
belakang bergeser karena profil
ban yang terlalu tipis.
Namun ketika bicara stabil, pelek
belakang lebar pada New Jupiter
MX manual clutch memang bikin
percaya diri. Seimbang lah,
masing-masing punya
keunggulan soal handling.
Sedang pengeremannya, rem
belakang versi teromol malah
terkadang terasa terlalu pakem
hingga mengunci. Sedang yang
disk brake justru mampu
mendistribusikan kekuatan
pengereman yang lebih baik
sesuai porsinya membantu rem
depan.
Konsumsi bahan bakar
Nah, untuk membuktikannya,
kedua bebek ini diajak berjalan
bersamaan dengan rute
kombinasi (macet dan lengang)
yang sama. Kecepatannya pun
disepakati tidak lebih dari 80 km/
jam.
Hasilnya, New Jupiter MX manual
clutch mampu berjalan 45,9
kilometer dengan 1 liter
pertamax. Sedang versi New
Jupiter MX automatic clutch
dapat menempuh 48 kilometer
dengan satu liter pertamax.
Tetap hemat!
Harga
Sudah tahu kan perbedaan
diantara keduanya, jadi wajar
bila New Jupiter MX manual
clutch dijual lebih mahal yaitu
Rp. 16.4 juta (On The Road
Jakarta) sedang yang automatic
clutch dilepas Rp. 15,7 juta.
(motorplus.otomotifnet.com)
POSTING BERKAITAN
masih 0 komentar untuk jupi mx kopling manual vs otomatis
Posting Komentar